Direktorat Mitras DUDI Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi Melalui Rapat Koordinasi BKK SMK dan Identifikasi Jabatan Kerja pada Sektor Konstruksi

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK dan Mengidentifikasi Jabatan Kerja Bidang Konstruksi pada Satuan Pendidikan Vokasi. Acara tersebut berlangsung di Hotel Santika Megacity Bekasi pada tanggal 29 Februari hingga 2 Maret 2024.

Ketua Tim Kerja Bidang Penyelarasan Pendidikan Vokasi, Dr. Sulistio Mukti Cahyono, S.E., M.B.A, membuka acara dengan menekankan pentingnya peran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyediakan tenaga kerja terampil dan kompeten untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. “Memfasilitasi kebekerjaan bagi lulusan SMK menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam memastikan ketersediaan SDM yang berkualitas,” ucap Sulis dalam sambutannya.

“BKK SMK sebagai lembaga mitra pemerintah, memiliki peran penting dalam memberikan layanan kepada peserta didik dan lulusan, termasuk informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, serta penyaluran dan penempatan kerja,” imbuhnya. 

Sementara itu, Evaluasi dan Identifikasi Kebutuhan Skema Sertifikasi Bidang Konstruksi bertujuan untuk memastikan relevansi lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, khususnya dalam sektor konstruksi. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjamin mutu dan relevansi lulusan pendidikan vokasi melalui sertifikasi kompetensi.

Direktorat Mitras DUDI telah melakukan pemetaan klasifikasi jabatan kerja prioritas sesuai dengan regulasi yang berlaku dan melakukan pendampingan penyiapan relisensi LSP P1 SMK. Evaluasi atas penyelenggaraan sertifikasi kompetensi perlu dilakukan untuk memperbaiki mekanisme yang ada dan mengidentifikasi kebutuhan jabatan kerja bidang konstruksi yang sesuai dengan profil lulusan SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Rakor diantaranya Siti Kustiati, S.E., M.Si. (Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan RI), Mokhamdad Farid Ma'ruf, S.T., M.T., Ph.D. (Kepala Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan RI), dan Dr. Syukrul Hamdi, M.Pd. dan Nirmala Adhi Yoga Pambayun, M.Pd (Tim Ahli Tracer Study dari Universitas Negeri Yogyakarta). 

Sementara itu narasumber pada kegiatan evaluasi dan identifikasi Skema Sertifikasi Konstruksi yakni Ir. Riky Aditya Nazir, M.T. selaku Kasubdit Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi, Kementerian PUPR, Ir. Ludy Eqbal Almuhammadi, selaku Kepala Bidang Registrasi dan Pencatatan, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, serta Amir Hamzah, Staf dari Sekretariat Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Dalam kesempatan ini, Direktorat Mitras DUDI mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak dalam menjadikan Pendidikan Vokasi lebih baik lagi. (rob)