Penyusunan Skema Sertifikasi Kompetensi

Pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki lulusan pendidikan vokasi adalah hal yang sangat penting. Pengakuan tersebut merupakan salah satu kunci pembuka dalam memasuki dunia kerja. Pemberian sertifikat kompetensi merupakan bentuk pengakuan dan sekaligus quality assurance terhadap kompetensi yang dimiliki oleh individu lulusan pendidikan vokasi. Sertifikat kompetensi akan memberi nilai tambah kepada lulusan, karena akan lebih memudahkannya dalam memasuki dunia kerja. Bagi industri atau pengusaha yang akan merekrutnya sebagai tenaga kerja, sertifikat kompetensi akan menjadi sumber informasi penting terkait dengan kesesuaian kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja dengan kompetensi yang mereka butuhkan.

Tahun 2022 ini Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI telah mengembangkan Skema Sertifikasi Kompetensi untuk SMK dengan hasil:

  1. 25 Skema Sertifikasi Bidang Konstruksi
  2. 49 Skema Sertifikasi Bidang Pariwisata 
  3. dan 83 Skema Sertifikasi Bidang Lainya

Dalam pelaksanaan pengembangan Skema Sertifikasi ini Kemendikbudristek bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk memastikan keselarasan kebutuhan sertifikasi kompetensi terhadap lulusan SMK.