Tracer Study

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI pada tahun 2022 ini kembali melaksanakan program Tracer Study pada satuan pendidikan vokasi. Namun pada tahun 2022 ini Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI hanya melaksanakan program tracer study bagi sekolah menengah kejuruan. Fokus pelaksanaan tracer study SMK tahun 2022 ini adalah untuk mengevaluasi instrumen pengambilan data dan menyusun strategi pelaksanaan tracer study berkelanjutan bagi SMK.

Adapun tujuan dilaksanakannya program dari pelakasnaan tracer study bagi SMK tahun 2022 ini adalah untuk “Mengetahui dampak berbagai program pendidikan vokasi terhadap lulusan; Bekerja, Melanjutkan studi, Wirausaha,)

Sasaran Tracer Study:

  1. Satuan Pendidikan SMK
  2. Lulusan SMK (1 Kohort/Alumni Tahun 2021)
  3. DUDI yang telah bekerja sama dengan SMK

Platform Tracer Study:

Tracer Study di SMK dilaksanakan menggunakan platform sistem informasi tracer study melalui laman https://tracervokasi.kemdikbud.go.id yang terintegrasi dengan DAPODIK.

Platform Tracer Study memuat:

  • Instrumen tracer study yang diisi secara daring;
  • Analisis data hasil tracer study;
  • Laporan hasil tracer study yang disajikan untuk tingkat Satuan pendidikan (SMK); Provinsi; dan Nasional;

Pengelola data dalam platform sistem informasi tracer study adalah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, BBPPMPV/BPPMPV, Dinas Pendidikan Provinsi dan SMK. Pengelola data wajib menjaga kerahasiaan dan validitas data tracer study untuk menjamin akurasi hasil tracer study sehingga dapat digunakan sebagai data pendukung dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan bagi pemerintah pusat (Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi), BBPPMPV/BPPMPV, pemerintah daerah (Dinas Pendidikan Provinsi), dan SMK