Peresmian Dojo Center: Selaraskan Kompetensi Lulusan SMK sesuai Kebutuhan Dunia Kerja

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) menghadiri Peresmian Dojo Center di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Sabtu (9/3). Dojo Center merupakan bengkel pelatihan dan persiapan siswa di bidang otomotif guna meningkatkan kualitas dan kompetensi dalam menghadapi dunia industri setelah lulus.

Melalui kemitraan strategis antara satuan pendidikan SMK dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diharapkan dapat meningkatan kompetensi lulusan SMK khususnya di bidang otomotif yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.

“Semoga aktifitas yang dilakukan berupa bantuan dan asistentsi dari PT. ADM ini dapat dimanfaatkan satuan pendidikan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Ini merupakan kegiatan dalam rangka membangun SDM Indonesia yang kompeten,” ucap Dr. Sulistio Mukti Cahyono, S.E., M.B.A, Ketua Tim Penyelarasan Pendidikan Vokasi dalam sambutannya.

Feri Nugroho selaku General Affair PT. ADM, turut mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin. “Kerja sama dan peresmian yang dilakukan hari ini adalah bagian dari komitmen PT. ADM dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Kerja sama ini, lanjut Feri, adalah bagian dari program Pintar Bersama Daihatsu yang telah digagas sejak 2021. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa. Dengan adanya bengkel Dojo Center diharapkan dapat memudahkan sekaligus menyiapkan alumni sekolah menghadapi dunia Industri,” tandasnya.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul (SMK Musaba), Harimawan, S.Pd., mengatakan keberadaan Dojo Center tentunya akan membawa maanfaat yang banyak bagi pihak sekolah dan alumni. “Dengan adanya Dojo Center akan dapat meningkatkan kualitas dan skill para siswa maupun para lulusan nantinya. Sehingga mereka akan mampu memenuhi dan bersaing di dunia kerja, salah satunya memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh PT Astra Daihatsu Motor,” pungkasnya.

Peresmian Dojo Center berlangsung di Aula SMK Muhammadiyah 1 Bantul sekaligus dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama 35 sekolah lain dari DIY dan Jawa Tengah yang menjadi binaan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). (rob)