Reviu dan Uji Coba Digitalisasi Instrumen Penyelarasan Pendidikan Vokasi

Surabaya, Direktorat Mitras DUDI - Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) mengadakan kegiatan reviu dan uji coba digitalisasi instrumen penyelarasan pendidikan vokasi di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, 27-29 Maret. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi lulusan pendidikan vokasi dengan dunia kerja melalui penyelarasan yang tepat antara satuan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri.

Menurut Eka Ary Wibawa, S.Pd., M.Pd, tim ahli dari Universitas Negeri Yogyakarta, instrumen penyelarasan pendidikan vokasi memiliki tujuan utama yaitu mengukur tingkat keselarasan antara satuan pendidikan vokasi dengan mitra industri. "Hasil kajian kami menunjukkan adanya kesenjangan antara demand dan supply kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Untuk itu dibutuhkan instrumen yang dapat mengukur tingkat penyelarasan tersebut”, ujarnya.

Dr. Sulistio Mukti Cahyono, S.E., M.B.A, Ketua Tim Penyelarasan Pendidikan Vokasi, dalam sambutannya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. "Kami berharap kedepan satuan pendidikan vokasi bisa menilai dirinya sendiri apakah proses yang selama ini dilakukan sudah berjalan dengan baik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lulusan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri”, imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Mitras DUDI, Uuf Brajawidagda, Ph.D  mengatakan perlunya upaya meningkatkan mutu pendidikan vokasi dan memastikan keselarasan dengan dunia industri. "Penyelarasan pendidikan vokasi dengan dunia industri memiliki dimensi yang kompleks. Kami berupaya memfasilitasi agar sekolah vokasi dapat mengukur posisi keselarasannya dengan kebutuhan industri melalui alat ukur yang sedang dikembangkan," ujar Uuf 

Adapun uji coba instrument digital penyelarasan Pendidikan Vokasi dihadiri oleh perwakilan dari satuan pendidikan vokasi, lembaga kursus pelatihan, dan industri mitranya. Diharapkan bahwa hasil akhir dari kegiatan ini dapat memberikan informasi yang berguna dalam menilai tingkat keselarasan satuan pendidikan vokasi dengan mitra industri, sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan yang siap terjun ke dunia kerja. (rob)