Perkuat Mutu Pendidikan Vokasi Melalui Pemetaan Lulusan dan Kebutuhan Dunia Kerja

Penjaminan mutu Pendidikan Vokasi menjadi hal penting dalam membangun pendidikan berkualitas di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanakan kegiatan Analisis Pemetaan Lulusan Pendidikan Vokasi (Supply) dan Kebutuhan Dunia Kerja (Demand), 9-11 November 2023.

Kegiatan ini dalam rangka penyelarasan Pendidikan Vokasi dengan DUDI untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. “Kami harapkan melalui pertemuan langsung seperti ini dapat melahirkan kesepahaman, sehingga mampu mengakomodasi segala kebutuhan dalam proses penyelarasan,” ucap Plt. Direktur Mitras DUDI, Uuf Brajawidagda.

Senada dengan hal tersebut, Sulistio Mukti Cahyono sebagai Ketua Tim Kerja Penyelarasan Pendidikan Vokasi menuturkan hal yang sama. “Diskusi ini agar tim mitras DUDI mendapat informasi dan masukan dari tim Universitas Negeri Yogyakarta serta Universitas Brawijaya selaku mitra kolaborasi yang nantinya digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan,” tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga dirangkai dengan pemaparan hasil analisis Kompetensi Keahlian (KK) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) wilayah Sumatera dari Tim Ahli UNY. Hasilnya diharapkan mampu dijalankan dengan baik serta bisa diterima semua kalangan. (rob)